Anda Tidak Perlu Selalu Membuktikan Siapa Diri Anda yang Sebenarnya

Ada sebuah foto yang menunjukkan perlombaan cepat antara anjing dan cheetah, tujuannya adalah untuk melihat siapa yang tercepat.
Semua orang pun terkejut bahwa cheetah tidak bergerak dari tempatnya. Lalu para hadirin bertanya kepada koordinator lomba apa yang terjadi.
Setelah melihat gambar ini, dia menjawab :

Terkadang mencoba membuktikan bahwa Anda adalah yang terbaik adalah sebuah penghinaan.

Kita tidak perlu turun ke level orang lain, untuk menunjukkan kekuatan kita.

Pikirkan baik-baik dan simpan energi Anda untuk apa yang pantas Anda dapatkan .

Cheetah menggunakan kecepatannya hanya untuk berburu, bukan untuk membuktikan kepada anjing bahwa ia adalah yang tercepat dan terkuat.

So, cheetah saja cukup bijaksana dalam berpikir apakah Anda serendah itu dari cheetah? Think about that!

Tuhan tidak pernah tidur, jangan takut atau merasa terganggu dengan penilaian orang yang berada dibawah level mu. Sadari saja bahwa ia belum cukup mampu berpikir seluas dan sebijaksana kita. Artinya ia berada jauh dibawah levelmu. Siapa saja mereka yang berada dibawah levelmu? Tentu kata “dibawah” bukan secara status sosial, namun lebih kepada mentalitas atau kualitas hidupnya.

1. Mereka Yang Selalu Merasa Benar

Mereka yang selalu merasa dirinya benar akan menganggap apapun yang dilakukan oleh orang lain khususnya orang yang secara personal tidak ia sukai bukan secara profesional ya maka hal baik atau benarpun akan selalu salah dimatanya. “Pokonya dia salah nih saya yang benar kayak gini'”, “dia itu siapa sih cuman anak kecil kemaren sore ga tau apa2, ni liat gw”, “eh dia itu udh menyakiti saya, merusak hidup saya jadi dia yang salah ga ada bagus2 nya manusia itu”. Nah jenis kalimat-kalimat tersebut adalah tipe orang yang berada jauh di bawah levelmu. Karena mereka tak peduli seberapa tinggi dan baiknya prestasimu tidak berarti untuknya, bahkan sekalipun kamu berusaha berbuat baik padanya, orang tipe seperti ini tidak akan peduli. Ia akan acuh dan selalu melihat dari sisi negative nya saja.

2. Mereka Yang Tidak Mau Berubah

Setiap orang menjalani kehidupan pasti tidak selalu dapat menyenangkan semua orang, namun jika Anda sadar bahwa hal itu sudah pasti terjadi maka terimalah dengan sadar bahwa orang lain memiliki pilihan hidupnya untuk diterima dan dihargai sehingga kita yang harus merubah mind set atau cara berpikir kita agar lebih produktif dan positif, ujungnya kita pasti berdamai dengan keadaan dan memaafkan kesalahan orang lain. Ingatlah manusia tempat salah, termasuk dirimu jika ada orang yang tidak mau berubah dengan sadar untuk meyakini dia selalu benar, tidak mau mendengarkan, selalu melihat dari hanya satu sisi sudut pandang maka percayalah orang tipe ini adalah dibawah level mu. Karena pada dasarnya hidup adalah sesuatu yang terus berubah, kamu tidak bisa meminta segala sesuatunya tetap sama, jika ada orang yang tidak siap dengan perubahan dan saat perubahan itu terjadi ia akan selalu menyalahkan orang lain karena perubahan itu sendiri maka bisa dibilang orang tipe seperti ini sangat tidak open mind, orang yang tidak open mind sangat susah untuk merubah dirinya sendiri dan berkaitan ke nomor satu ia selalu merasa paling benar.

3. Mereka Yang Pura-Pura Baik

Tipe ini termasuk yang sangat berbahaya, didepan kamu bisa saja sangat manis, menyanjung dan memuji itu hanya karena dia takut kehilangan teman, tapi sebenarnya dibelakang dia terus menjelekanmu kepada orang lain, karena tipe orang seperti ini adalah mereka yang hanya suka cari perhatian lebih dan tidak punya kualitas diri sehingga ia selalu mencari kesalahan orang lain. Tujuan dia dekat dengan kamu sebenarnya justru hanya ingin mencari kesalahanmu saja untuk dia jual sebagai berita kepada orang lain. Untuk mengetahui ada tipe seperti ini dalam hidupmu, kamu harus mengujinya dengan berbagai cara apakah orang yang berada di ring 1 hidupmu seperti itu atau tidak, dan cara tersebut sedikit beresiko karena pasti kamu akan mendengar hal yang tidak enak tentang dirimu, namun bagi saya pantas dicoba karena yang terpenting menentukan ring 1 dalam hidup kita adalah prioritas agar hidup kita lebih berkualitas dan sehat. Kalau bukan kamu yang menjaga dirimu siapa lagi?

So, itulah yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat!

ReThinkbyAWR

Ingat terus kalimat ini saat kamu menghadapi hal yang mungkin tidak kamu sukai. Allah Maha Tahu, terimalah apa yang ada dihadapanmu dan berusahalah untuk berdamai dengan dirimu untuk menyeimbangkan keadaan. Berprasangka baiklah pada orang lain dan keadaan karena sama saja itu berprasangka baik pada Tuhanmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: