Ketika kamu SEDIH, KECEWA, dan MENDERITA

Tuhan memang telah meyediakan semua yang kita butuhkan di dunia ini untuk kita nikmati, untuk kita gunakan untuk berbagai keperluan kita. Namun kadang kala, dalam hidup tidak semua hal berjalan sesuai pesanan. Tentu ada masa dimana kita harus berusaha lebih dari yang lain, kita harus berada dibawah dan berada ditempat yang gelap. Namun ingatlah, Tuhan tidak pernah memberi masalah tanpa sepaket dengan jalan keluarnya.

Apa yang sedang kamu doakan, sedang Tuhan kerjakan. Percayalah semua akan indah sesuai waktu NYA. Tiba-tiba secara tidak sengaja aku membuka youtube muncul di home saya video kakak saya tersayang, mentor saya, dan tentu kalian mengenalnya, Merry Riana. Ya… kami sudah saling mengenal sejak tahun 2011 saat usia saya 24 tahun. Ketika awal saya membaca bukunya, saya hanya berkata pada buku itu “kita tidak akan hanya bertemu, tapi kita akan berteman dan saling mengenal”. Ya… itulah kekuatan kata-kata, dan kata-kata adalah doa, selang sebulan kemudian bayangkan dari orang yang tidak saya kenal Tuhan bilang ada acara Merry Riana di Jakarta Barat, saya membeli tiketnya bersama adik ipar saya (istri dari kembaran saya yang sudah berpulang kepada Allah tahun 2019 lalu). Singkat cerita akhirnya dalam hal tertentu saya membantu beliau dan akhirnya kami berteman. Saya diundang keacara beliau sebagai VIP, bahkan saya dikirim ke acara seminar internasional di Singapore. Masa muda saya juga penuh perjuangan, karena meski orang tua saya cukup mampu dan kami dari keluarga cukup namun tidak kaya raya, jadi etos orang tua dalam mendidik sungguh luar biasa, dan saya bersyukur diusia kelas 6 SD hingga kuliah sampai kerja merasakan perjuangan naik turun angkot, ojek, metro mini, bahkan SMA saya harus terpaksa naik kereta api sendirian untuk pertama kalinya karena mau cepat dan irit ke kantor ibu saya, bermodalkan keberanian dan menggunakan seluruh sumberdaya yang Tuhan ciptakan, yaitu pikiran, tenaga, dan mulut untuk bertanya. Tapi, tulisan kali ini bukan tentang itu. Saya sedang tidak ingin menceritakan kisah biografi hidup saya, doakan saja semoga kelak pada waktunya saya akan membuat buku dan menginspirasi dunia seperti Oprah Winfrey hehehe… dan seperti Merry Riana tentunya.

Dalam youtube tersebut, miss Merry berkata : “Kadang banyak hal buruk yang terjadi kepada orang baik, kadang musibah menimpa kepada orang tak bersalah. Kadang hidup merasa tidak adil, dan ketika kita tahu orang yang kita cintai mengalami musibah itu, bahkan ketika kita sendiri mengalami musibah itu sedih sekali rasanya. Kecewa dan hancur hati ini pasti. Dan kalau kamu sedang mengalami masa-masa kelam itu, hari ini saya ingin bilang “ITS OKAY, “ tidak ada yang salah kalau kamu merasa sedih, tidak ada yang salah ketika kamu merasa kecewa, tidak ada yang salah untuk kamu menitikan air mata.

Ketika tantangan datang bertubi-tubi dengan pukulan demi pukulan yang begitu keras dan membuat kamu terluka, ketika hidup seakan-akan mengejarmu dengan begitu banyak permasalahan demi permasalahan, percayalah bahwa sesungguhnya ada pelajaran besar yang terselip bersamanya. Yah… mungkin pukulan keras itu bukan untuk membuatmu terluka, tapi untuk membuatmu berubah. Tuhan bukan sedang menghukummu, tapi mungkin Tuhan sedang mengarahkanmu. Percayalah, kamu akan bertumbuh ditengah masa sulitmu, percayalah ada anugerah dibalik sebuah musibah. Tapi pertanyaan terpentingnya adalah “Apakah kamu mau melalui masa sulit itu?”

Ketika kamu dihadapkan dengan ujian dengan ujian, cobaan dengan cobaan, hinaan demi hinaan. Apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu membiarkan masa yang sulit ini membunuh harapanmu? Apakah kamu membiarkan situasi ini melemahkanmu? Membuatmu terjatuh dan rapuh? Membuatmu ragu dan melumpuhkanmu? Atau sebaliknya? Masa sulit ini kamu hadapi dengan keberanian, masa sulit ini kamu hadapi dengan sebuah keputusan. Keputusan untuk tidak hanya berdiam diri. Keputusan untuk tidak menghindar dan berlari dari kenyataan. Tapi keputusan untuk maju, hadapi segala hal yang terjadi, keputusan untuk bangkit dan terus melangkah dan terus melangkah dan terus melangkah. Keputusan untuk terus berjalan apapun keadaannya. Keputusan untuk tidak pernah menyerah dan keputusan itulah yang nantinya akan mengubah hidupmu selamanya. Terus berjuang!

Ya berjuang, karena bertahan saja tidak cukup untuk mengubah keadaan. You’ve gotta fight! You’ve gotta be strong! Fight till the end and Never give up. Tahukah kamu bahwa perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju kemenangan, namun perjuangan itu proses memantaskan diri untuk meraih kemenangan. Kemenangan yang tidak lama lagi akan kamu dapatkan. Jadi, apapun yang sedang terjadi sesulit apapun hal yang sedang kamu hadapi, segelap apapun jalan yang sedang kamu lalui, saya ingin kamu tidak berhenti disini. Saya ingin kamu tahu, bahwa kamu berharga. Saya ingin kamu tahu, bahwa kamu sanggup, kamu mampu, kamu bisa. Ketika kamu menonton video ini itu artinya Hidup masih mau kamu mencoba lagi. Tuhan masih mau kamu bangkit lagi. Percayalah kamu tidak sendiri. Saat ini ada orang-orang yang senantiasa memikirkanmu dan memanjatkan doa untukmu.

Jangan menyerah, jika tidak ada pundak untuk bersandar setidaknya masih ada lantai untuk bersujud. Berdoalah dan jangan pernah berhenti berharap kepadaNYA, dan teruslah berusaha. Berserah tapi tidak menyerah. Tetaplah melangkah dengan iman dan harapan. Saya percaya pasti ada jalan, saya percaya kamu pasti bisa membalikan keadaan.”

Dikutip pada 1 February 2022

Mendengar itu semua, tentunya kita juga tahu, namun tahu saja tidak cukup. Kita manusia, tidak sempurna. Diingatkan alias di charge untuk mendengar hal yang memotivasi diri itu sangat perlu. Karena motivasi alias mood bisa naik turun. Ada orang yang kalau dikasih tahu hal semacam ini hanya berkata “teori” namun bagi saya itu hanyalah orang yang Tuhan tutup hati dan pikirannya untuk mendapatkan petunjuk dan kekuatan dari Tuhan. Jadi, untuk kamu juga yang sedang membaca tulisanku ini, ingatlah tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Tuhan sudah mengatur segalanya bahkan sehelai daun jatuh dari pohonnya pun Allah sudah tetapkan. Semoga kamu semakin kuat, positif, dan yakin untuk terus bergerak meraih segala impian yang akan membuatmu bahagia.

Best regards,

Ayuningtyas Widari Ramdhaniar J.P.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s