Find ur own passion

Dalam proses perkembangan hidup kita dari sejak sekolah sampai bekerja, kita akan selalu dihadapkan dengan hal-hal yang harus dilakukan, mulai dari ekstra kurikuler (ekskul), mata pelajaran, mata kuliah, hingga akhirnya masuklah ke dunia kerja. dimana dunia kerja ini bisa dikatakan kehidupan yang sesungguhnya, proses learning by doing untuk menuntun kita menjadi expert dalam bidang tertentu.

seringkali banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion mereka, terpaksa melakukan sesuatu yang penting kerja. tapi tahukan Anda bahwa sebesar apapun gaji Anda ditempat itu jika itu bukan passion Anda, maka Anda pasti akan merasa cepat jenuh, sakit, bahkan stress.

lalu bagaimana caranya kita menemukan dan mengetahui bahkan yakin bahwa inilah passion kita. Menurut www.youthmanual.com ada 7 cara menemukan passion kita:

1. Tanya ke diri sendiri: apa hal yang paling kamu sukai banget? Pake banget, lho, ya!

Apakah kamu punya hobi atau sesuatu yang sangat suka kamu lakukan dari kecil, tapi belum kepikiran untuk “diseriusin”? Entah itu baca komik, mengoleksi barang tertentu, atau apa pun. Asal tau aja, hari gini, apapun bisa dijadikan mata penghasilan, lho. Kalau kamu suka komik, kamu bisa buka online shop atau workshop komik profesional, misalnya.

kalau saya dari kecil paling suka pake banget adalah dunia yang berhubungan dengan manusia, walau sebenarnya saya pemalu tapi saya dari kecil sering hampir setiap hari bicara di depan kaca loh sejak SD dan sampai benar-benar mengantuk nguap-nguap baru tidur hehehe, unik kann selain itu saya juga sering menyanyi depan kaca pakai pegang mic nya bedak atau apapun bahkan remote tv hhehehe, jadi intinya dari kecil saya suka dunia entertain dan sosial. karena kalau di depan kaca saya acting menjadi apapun peran di dunia ini hahaha… jadi ngakak sendiri nulisnya sambil inget zaman SD lohhhh, tapi terbukti sekarang selama berproses saya mendapatkan semua itu yang saya pikirkan sejak kecil. saya selalu diminta jadi artis aja atau penyanyi tapi saya gak mau, karena saya mau terkenal dengan cara lain tapi kemampuan entertain tetep harus melekat pada saya, memang selain darah keturunan seni juga dan politik yaaa.

2. Tanya lagi ke diri sendiri: saat baca-baca berita atau artikel, topik-topik apa yang paling kamu suka?

Biasanya, kalau kita punya minat terhadap sesuatu, kita pasti akan semangat ngulik tentang hal tersebut, misalnya dengan mencari berita, buku atau majalah yang berkaitan dengan hal tersebut, atau bahkan meng-Google-nya berjam-jam. Kalau kamu memang selalu tertarik ngulik sebuah topik tertentu, mungkin topik itulah passionkamu, dan kamu bisa menggali kemungkinan-kemungkinan karir dari situ.

seperti saya misalnya, saya selalu mau belajar tentang semua hal, tapi kebanyakan yang saya google adalah tentang negara sih misal ketika saya staff ahli anggota DPR RI saya harus tahu semua hal secara acak dan saya susun sndiri dikepala saya. saya juga mencari tahu semua hal yang berkaitan dengan ilmu kuliah saya yah gak jauh dari dunia sosial dan politik. tapi disisi lain yang saya sering google juga tentang pariwisata dunia perhotelan, service dan lain-lain. Salah satu mimpi saya pengen banget punya hotel bintang 5 di Indonesia. hehehe… boleh kali mimpi kan gratis…

3. Corat-coret dan brainstorm

Masih nggak kepikiran juga, apa passion kamu untuk dijadikan profesi? Coba ambil kertas dan alat tulis, trus tulis apapun ide yang terlintas di pikiran. Lihat juga sekeliling kamu, kumpulkan ide, lalu tuangkan di kertas. Pokoknya tulis dulu aja semuanya. Nanti baru kamu nilai kembali hasil coret-coretan tersebut.

4. Bertanya dan berbagi dengan orang lain

Kamu juga bisa tanya-tanya kepada orang-orang terdekat—keluarga ataupun teman—apa passion mereka dan bagaimana mereka dulu menemukannya.

Kalau ini saya tidak punya tempat untuk bertanya secara spesifik, karena keadaan tapi saya mempelajarinya dan bertanya pada orang-orang siapapun yang saya anggap amazing bisa mencapai jabatan tertentu atau pekerjaan mereka apapun itu. saya belajar secara emosional mereka jadi saya mengerti psikologis mereka dan bisa saya koreksi pada diri saya apa yang benar-benar saya inginkan.

5. Coba dulu

Kalau merasa sudah tahu passion kamu apa dan ingin menjadikannya karir full-time, coba di-tes dulu. Misalnya kamu ingin jadi fotografer, maka lakukanlah secara iseng-iseng sebagai pekerjaan sampingan. Jangan langsung heboh, apalagi sampai meninggalkan semua aktivitas lain dan berinvestasi membeli semua perlengkapannya. Kalau sudah dijalani berbulan-bulan dan kamu masih betah, berarti minat kamu memang fotografi dan sanggup menjadikannya sebagai profesi.

kalau saya ini bener-bener udah uji coba dari sejak kuliah. banyak orang yang langsung bekerja dan sampe puluhan tahun, kalau saya benar-benar berproses ganti-ganti profesi sampai menemukan yang bener-bener passion saya. dan semua itu saya rangkum harus ada dunia yang berhubungan dengan orang (baik secara psikologis maupun bisnis), tidak selalu dibalik meja, tidak harus menunggu perintah, ada kesempatan untuk berinovasi dan keterlibatan dalam menjalankannya, ada kesempatan untuk bisa sharing ilmu (ngajar) dan gak harus secara formal bisa informal, berhubungan dengan pleasure, event, tapi juga terstruktur, ada jalur-jalur politik, dampak dari yang saya lakukan akan berhubungan dengan orang banyak manfaatnya, dan lain-lain pokonya.

6. Riset, riset, riset

Riset dan kumpulkan info tentang bidang yang kamu minati seeebanyak mungkin. Jangan cepat puas, dan jangan menjadikan para amatir sebagai tolak ukur diri kamu! #galak.  Ingat, you’re going professional, lho…

7. Terus coba dan jangan menyerah

Jangan berhenti latihan dan mempertajam skill kamu, serta jangan cepat menyerah meski ada banyak tantangan. Misalnya, kalau kamu iseng-iseng buka online shop dan ternyata harus menghadapi berbagai problem—mulai dari kerepotan mengatur keuangan sampai menghadapi pelanggan galak—jangan nyerah! Lagian, kalau passionkamu memang di berjualan, kamu emang nggak akan nyerah juga, sih…

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hobi sederhana kamu menjadi pekerjaan yang profesional. Sudah siap?

PicsArt_01-21-11.30.36

see you on the top guys…

Tyastar Shining you Always

21 Januari 2018 – 12.44 PM

5 thoughts on “Find ur own passion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s