Pelajaran dari Film OZ the Great and Powerful

Pasti yang sudah nonton tahu film ini, Pria yg bernama Oz awalnya adalah pesulap amatir demi mencari nafkah dan memikat wanita dg cara yg sama dg memberi kotak musik yg ia bilang punya neneknya hahaha buat gombal. Tapi bukan itu yg akan saya bahas.

Saya akan bahas soal kesempatan kedua yg Tuhan berikan padanya dan itu luar biasa… sambil berjalannya waktu kesempatan kedua itu dilalui dg learning by doing.

Titik balik dia berubah adalah saat kekasihnya yg paling baik datang dan berkata bertunangan dg pria lain dan wanita itu meyakinkan bahwa ia percaya Oz adlh pria baik dan kemudian ada org2 yg mengejar Oz untuk menyiksanya krn urusan bisnis. Lalu Oz lari mengindari dan naik ke balon udara, tanpa sadar ada angin topan menyerbu dan ia masuk kedalam putaran angin tsb. Dam disaat itu ia berkata, “tolong sy tdk ingin mati, sy belum mencapai apapun, please… sy ingin berubah beri saya kesempatan!” Lalu angin itu membawanya ke tempat lain, tempat dimana dia ingin menjadi hebat spt yg ia utarakan pada wanita itu sblmnya bukan hanya ingin menjadi baik. Yaaaa… Tuhan selalu mengabulkan doa umatnya dan mengujinya dg cara NYA tanpa diduga2.

Di dunia yg baru itu Tuhan sdh atur nama kerajaannya juga Oz sesuai namanya walau nama aslinya Oscar tp smua memanggilnya Oz. Di dunia lain itu semua sangat indah dan dia sdh diramalkan kedatangannya sbg seorang penyihir yg akan menyelematkan kerajaan tsb, padahal ia bukan penyihir…

Singkat cerita dia mampu menyelamatkan dunia itu bersama wanita yg mirip sekali dg mantan nya yg mau tunangan tadi dan bukan sbg penyihir tapi dia menggunakan kecerdasan pikirannya memberikan trik kepada pihak lawan namun smua org dsana menyangka itu adalah sihir. Dan ia mendapatkan tahta di kerajaan tsb… terbukti dia menjadi hebat dg caranya sendiri tanpa magic tapi kecerdasan berpikir dan bertindak juga keinginannya untuk berubah lbh baik dan mulai MENDENGAR kan orang lain krn awalnya ia sulit untuk “mendengarkan” orang lain. Dan dunia itu mengaggapnya pahlawan… ya… dia menjadi hebat spt yg diinginkannya bukan sekedar baik.

Jika kita ambil pelajarannya, adalah… jika kita merasa harus mempunyai kesempatan kedua maka bersungguh-sungguhlah memintanya dan saat kesempatan kedua itu datang manfaatkan dg baik… mulainya belajar untuk menerima segala cobaannya sambil berpikir jernih dimulai dr “mendengar”. Tuhan selalu bersama org yg bersungguh-sungguh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s